Teknologi Kamera Terbaru di Vivo X70 Pro

Salah satu produsen smartphone asal China yaitu Vivo baru saja meluncurkan smartphone kelas flagship mereka di Indonesia yaitu Vivo X70 Pro.

Vivo X70 Pro ini merupakan hp yang dibuat untuk meneruskan perjalanan kakaknya yang sudah terlebih dahulu rilis yaitu X60 dan mendapatkan sambutan baik di Indonesia.

Vivo sendiri resmi memboyong smartphone terbarunya, Vivo X70 Pro ke Indonesia dalam sebuah acara ritual pada hari Kamis 7 Oktober 2021.

Tentunya kehadiran hp terbaru ini membawa beberapa teknologi baru, khususnya pada kamera yang menjadi salah satu nilai jual utama pada hp ini.

Seperti yang sudah diketahui, Vivo sudah bekerja sama dengan salah satu produsen terkenal yaitu Zeiss selama 2 hp flagship belakangan ini, dan untuk seri terbaru kali ini juga masih menggunakan teknologi hasil kerja sama.

Vivo X70 Pro diklaim sebagai smartphone pertama di dunia yang dibekali dengan teknologi ini. “Teknologi Ultra-Sensing Gimbal Camera (di Vivo X70 Pro) merupakan yang satu-satunya di industri smartphone,” ujar Product Manager Vivo Indonesia, Hadie Mandala, ketika berbicara dalam peluncuran virtual.

Pada kamera hp ini memiliki teknologi yang bernama Ultra-Sensing Gimbal yang bekerja sebagai peredam goyangan saat mengambil video sehingga hasil yang di dapat akan jauh lebih stabil dan juga minim buram.

Masih pada sektor kamera, untuk kamera utama, hp ini menggunakan sensor khusus yang di buat oleh Sony yaitu Sony IMX766V dengan resolusi mencapai 50 MP dengan bukaan (f/1.8) dan dibantu dengan VIS 5-Axis serta EIS dan OIS.

Sensor kamera Sony IMX766V di Vivo X70 Pro, memiliki ukuran yang lebih besar dari generasi sebelumnya, yaitu 1/1,56 inci dengan ukuran masing-masing piksel mencapai 2 mikron.

Hadi mengklaim bahwa, dibandingkan sensor Sony IMX766 biasa, sensor ini bisa menyerap 4,6 persen lebih banyak cahaya. 

“Jika dibandingkan dengan kamera X60 Pro, sensitivitas terhadap cahaya juga meningkat hingga 56,25 persen,” imbuhnya.

Selain kamera utama, Vivo X70 Pro juga dibekali dengan tiga kamera belakang lain sehingga total terdapat empat buah.’

Keempat kamera di punggung Vivo X70 Pro terdiri dari kamera utama 50 MP (Sony IMX766V, f/1.8, OIS), kamera portrait 12MP (Sony IMX663, f/1.98, zoom optis 2x), kamera ultra wide 12MP (f/2.2, macro 2,5 cm) dan kamera telephoto 8 MP (f/3.4, OIS, zoom optis 5x).

Untuk hasilnya sendiri, hp flagship dari Vivo ini sudah dikatakan bisa bersaing dengan produsen lainnya yang sudah lebih dulu terjun, walau belum bisa menyamai terlebih lagi iPhone 13 yang baru dirilis. Namun sudah bisa mendukung para pemain slot online dengan nyaman dan asyik tanpa adanya kendala buffering.

Pada bagian depannya, ada kamera selfie 32 MP (f/2.5) yang dimuat dalam sebuah punch hole di sisi atas layar.

Terdapat sebuah fitur pada hp ini yaitu Super Night Video, fitur ini digunakan untuk merekam video namun dengan kondisi cahaya yang minim namun tetap memberikan hasil yang baik, serta terdapat juga Pro Cinematic Mode yang bisa kamu gunakan untuk hasil yang lebih profesional.

Ada pula fitur Real-Time Extreme Night Vision untuk pemotretan malam hari dengan kendali brightness dan preview realtime, serta Pure Night View dari coating Zeiss T* yang diklaim meminimalisir ghosting dan flare dari sumber cahaya, seperti lampu di malam hari.

Vivo X70 Pro kini juga menghadirkan aneka simulasi bokeh dari lensa-lensa ikonik Zeiss, yakni Biotar, Sonnar, Planar, dan Distagon yang bisa digunakan di mode foto Portrait.

Selain tingkat blur yang bisa diatur setelah gambar diambil, keempat simulasi lensa Zeiss itu juga menghasilkan karakter bokeh yang berbeda-beda, seperti creamy ala Distagon atau swirly ala Biotar.