Samsung Rilis Smartphone Terbaru Mereka, Samsung Galaxy Z Fold 3.

Kabar teknologi terbaru datang dari Samsung yang kemarin ini baru saja merilis penerus dari Galaxy Z Fold 2 setelah setahun ia dipasarkan global.

Z Fold 3 sendiri dirilis pada acara Samsung yang bernnama Galaxy Unpacked yang berlangsung pada 11 Agustus 2021.

Dari sisi fisik dan juga desain, hp yang satu ini tidak terlalu berbeda jauh dengan kakaknya yaitu Fold 2.

Namun, Samsung sendiri mengatakan bahwa terdapat beberapa pembaharuan yang membuat hp ini menjadi jauh lebih menarik dari generasi sebelumnya.

Z Fold 3 kali ini tidak hanya lebih Tangguh karena bodi yang tahan air, tetapi juga pada generasi terbaru ini sudah support menggunakan S Pen.

Galaxy Z Fold generasi pertama yang dirilis pada 2019 menandai debut ponsel lipat Samsung. Generasi kedua, Galaxy Z Fold 2 yang dirilis pada pertengahan 2020, menerapkan beberapa pembaruan seperti layar utama dan layar kedua (Cover Screen) yang lebih lebar.

Galaxy Z Fold 3 mewarisi fitur tersebut. Layar utama perangkat ini menggunakan panel Dynamic AMOLED 2x berdiagonal 7,6 inci (2.208 x 1.768, refresh rate 120 Hz) dengan aspect ratio 22,5: 18.

Display yang luas dan cenderung persegi ini membuat penggunanya merasa seperti memakai tablet kecil, ketika ponsel dibentangkan.

Area layarnya jauh lebih luas dibandingkan smartphone pada umumnya, sehingga, bisa menampilkan lebih banyak elemen visual.

Misalnya, dari segi antarmuka, meskipun sama-sama menjalankan OS Android 11 berlapis One UI 3.1.1, interface Galaxy Z Fold 3 berbeda dari ponsel Samsung lain.

Ini bisa langsung terasa ketika memasuki menu Settings, di mana parameter pengaturan akan langsung ditampilkan di sisi kanan, sementara sisi kiri memuat menu yang bisa dipilih.

Navigasi pun berlangsung lebih cepat dan mudah. Samsung juga memanfaatkan luasnya layar Galazy Z Fold 3 di aplikasi kamera.

Antarmukanya terbelah dua, sisi kanan menampilkan jendela bidik dan tombol shutter, sementara sisi kiri berisi foto-foto hasil jepretan kamera.

Galaxy Z Fold 3 juga dapat digunakan saat dalam keadaan terlipat berkat Cover Screen yang terdapat di sisi luar.

Ukurannya sama dengan layar kedua di Galaxy Z Fold 2, yakni 6,2 inci, tapi, dengan spesifikasi berbeeda.

Cover Screen Galaxy Z Fold 3 kini menggunakan panel Dynamic AMOLED 2x (2.268 x 832 piksel) dengan aspect ratio 24,5:9 dan refresh rate 120 Hz, lebih tinggi dari Galaxy Z Fold 2 sebelumnya yang hanya 60 Hz.

Tentu, ukuran Galaxy Z Fold 3 pun menjadi lebih ringkas dalam keadaan terlipat sehingga lebih mudah disimpan. Saat dibentangkan, perangkat ini memiliki dimensi fisik 158,2 x 128,1 mm dengan ketebalan 6,4mm.

Ketika dilipat, lebarnya menyusut menjadi hanya 67,1mm, sementara ketebalan menjadi antara 14,4mm hingga 16 mm. Bobot perangkat ini (271 gram) lebih ringan 11 gram dibandingkan Galaxy Z Fold 2 sebelumnya.

Kenapa ketebalannya tidak seragam saat dilipat? Sebab, Galaxy Z Fold 3 memang menyisakan sedikit celah di tengah agar debu atau benda lain tidak terjepit sehingga berpotensi menggores layar. Bagian engsel pun sedikit lebih tebal dibanding ujung layar yang bertemu ketika perangkat dilipat.

Bobot Galaxy Z Fold 3 sedikit lebih berat dibandingkan ponsel lain, tapi lebih ringan dibandingkan perangkat-perangkat tablet berlayar kecil, seperti iPad Mini 5 (7,9 inci, 300 gram) atau Galaxy Tab A 8.4 (8,4 inci, 309 gram).

Dalam keadaan terlipat, perangkat ini masih cukup nyaman saat digenggam, meskipun terasa agak tebal. Mekanisme lipatan layarnya yang mirip gerakan membuka dan menutup buku terkesan solid.

Bodi perangkat ini memang kokoh karena Samsung menggunakan frame berbahan logam dengan nama “Armor Aluminium” yang diklaim merupakan frame aluminium terkuat dari Samsung.

Bersama dengan Galaxy Z Flip 3, Galaxy Z Fold 3 untuk pertama kalinya juga dibekali fitur ketahanan terhadap air dengan spesifikasi IPX8 sehingga sanggup bertahan di air dengan kedalaman hingga 1 meter.

Bagian punggung Galaxy Z Fold 3 juga berlapis Gorilla Glass Victus yang merupakan kaca pelindung tertangguh dari Corning yang ikut melindungi lensa kamera belakang.