iPhone 13 Tidak Menarik Kata Fanboy Apple

Apple yang baru merilis perangkat terbaru mereka yaitu iPhone 13 tentunya membuat beberapa orang mengeluarkan pendapat, salah satunya adalah Apple fanboy.

Sebuah situs pembanding perangkat seluler asal Amerika Serikat atau AS, SellCell, merilis hasil survei mengenai iPhone 13 yang dirilis oleh Apple.

Pada survery ini, SellCell melibatkan setidaknya 5.000 pengguna iPhone yang diambil dari wilayah AS, serta mereka juga meminta tanggapan dari pengguna tersebut tentang dua produk Apple yaitu iPhone 13 dan Apple Watch 7.

Survey yang berlangsung dari 23 hingga 30 september tersebut mendapatkan hasil bahwa sekitar 64 persen partisipan mengaku tidak terlalu tertarik bahkan ada Apple Fanboy yang tidak tertarik sama sekali pada iPhone 13.

Selain itu 21,5 persen mengaku bahwa produk yang dikeluarkan oleh Apple ini sedikit menarik, dan sisanya yaitu 14,4 persen mengaku sangat tertarik dengan produk Apple tersebut.

SellCell tidak hanya melakukan survey ketertarikan, namun mereka juga menanyakan kepada partisipan tersebut apakah mereka ingin beralih dari seri lama ke iPhone 13 tersebut.

Hasilnya, 23,3 persen dari jumlah partisipan mengaku bahwa mereka tertarik untuk mengganti seri iPhone mereka yang sekarang dengan seri yang terbaru.

Survey yang dilakukan ini sebenarnya juga sudah sempat dilakukan 2 bulan sebelum peluncuran resmi iPhone 13 ini oleh SellCell.

Hasilnya tentu lebih tinggi, yaitu sekiktar 43,7 persen orang ingin mengganti iPhone lama mereka ke seri terbaru tersebut.

Tentunya hasil persentase tersebut menunjukan bahwa iPhone 13 selaku produk terbaru Apple ini belum bisa menarik calon konsumen, khususnya pengguna iPhone dari generasi sebelumnya.

Secara rinci, 23,3 persen responden yang berniat untuk upgrade kebanyakan memilih iPhone 13 Pro. Ada sebanyak 42,5 persen responden yang memilih iPhone tersebut. 

Di bawahnya ada iPhone 13 Pro Max, iPhone 13 “reguler”, dan iPhone 13 Mini yang masing-masing dipilih oleh 26,3 persen, 22 persen, dan 9 persen responden.

Dari 23,3 persen responden yang tertairk meng-upgrade iPhone mereka, fitur ProMotion Display dijadikan alasan utama untuk beralih. Ada sebanyak oleh 34,1 persen responden yang menjawab hal ini.

Hal lain yang menjadi alasan responden untuk membeli iPhone baru adalah upgrade rutin tahunan (26,2 persen), daya baterai yang meningkat (25,3 persen), peningkatan kamera (5,4 persen), media penyimpanan 1 TB (3,2 persen), poni yang lebih kecil (1,5 persen), dan pilihan warna baru (1,1 persen).

Sementara itu, dari 76,8 persen pengguna iPhone yang menolak untuk meng-upgrade iPhone-nya, ada sebanyak 29,3 persen yang menjadikan sistem biometrik TouchID sebagai alasan utama untuk bertahan. 

Alasan lainnya untuk tidak beralih ke iPhone 13 adalah tak adanya fitur yang menjadi game changer di jajaran iPhone teranyar itu, seperti desain layar tanpa poni, layar 120 Hz di model standar, USB tipe-C, dan lain sebagainya.

Tentu bagi pengguna Apple fitur proMotion 120Hz sedikit tertinggal dibandingkan dengan pesaingnya yaitu Samsung yang sudah menggunakan fitur tersebut pada hp terbaru mereka seperti Samsung Galaxy Z Fold 3, bahkan kelas midrange juga sudah menggunakannya.

Berbagai fitur yang absen ini membuat 19,5 persen responden untuk tetap bertahan dengan iPhone yang sudah dimiliki, Jumat 8 Oktober 2021.